Dalam
proses pengiriman Liquid-Immersed Transformer terkadang karena pertimbangan
tertentu (misal: batas total tonase atau permintaan customer) diputuskan untuk
mengirim transformer tanpa oil. Sebagai substitusinya maka area kosong tersebut
akan diisi dengan gas kering (dry gas) dengan pressure positif untuk menjaga
agar active part tetap kering dan moisture dari udara luar tidak masuk ke dalam
tanki.
Gas kering yang dipakai adalah gas yang tidak membahayakan transformer atau memberikan dampak negatif pada transformer itu sendiri. Biasanya gas yang dipergunakan adalah Dry Air atau High Purity Nitrogen. Persyaratan gas yang akan dipergunakan tersebut adalah Temperature Dew Point < -50 derajat celcius atau kandungan moisture < 20 ppm. Selain diisi dalam tangki transformer, juga disediakan cadangan gas dalam tabung gas. Jumlah tabung gas yang disediakan tergantung kepada jarak perjalanan yang akan ditempuh.
Gas kering yang dipakai adalah gas yang tidak membahayakan transformer atau memberikan dampak negatif pada transformer itu sendiri. Biasanya gas yang dipergunakan adalah Dry Air atau High Purity Nitrogen. Persyaratan gas yang akan dipergunakan tersebut adalah Temperature Dew Point < -50 derajat celcius atau kandungan moisture < 20 ppm. Selain diisi dalam tangki transformer, juga disediakan cadangan gas dalam tabung gas. Jumlah tabung gas yang disediakan tergantung kepada jarak perjalanan yang akan ditempuh.
Tabung
gas yang dipergunakan adalah tabung gas yang dibuat tanpa sambungan (Seamless
Steel Gas Cylinder). Tabung gas ini umumnya (yg beredar di tempat saya J ) mengacu ke standar China GB 5099.
Mengacu
kepada standar tsb, terdapat marking-marking yang distamping di bagian atas tabung
sebagaimana terlihat pada Gambar 1, 2, dan 3.
Gambar 1 Marking pada Tabung Gas Standar GB 5099 |
Gambar 2 Marking pada Tabung Gas Standar GB 5099 |
Gambar 3 Marking pada Tabung Gas Standar GB 5099 |
Gambar 4 Gas Regulator |
Gambar 5 Stamping Pada Tabung Standar GB 5099 |
Gambar
5 Stamping Pada Tabung Standar GB 5099
Penjelasan :
0 : Manufacturing Plant Inspection Mark : TS
1 : Cylinder Factory Code or Trade Mark : TS2210001
2 : Cylinder Number : 13822239
3 : Hydrostatic Test Pressure, M P a : TP250, Test Pressure 250 Mpa (bar?)
4 : Nominal Working Pressure, MP a : WP150, Working Pressure 150 Mpa (bar?)
5 : Measured by Weight, k g : W47.2, Weight 40.2 Kg
6 : Measured Volume, L : V40.2, Volume 40.2 Liter
7 : Bottle Design Wall Thickness, mm : S5.7, Wall thickness 5.7 mm
8 : Year of manufacture, : 2013.07, Year 2013 Month 07
9 : Safety Supervision Department of the supervisory Inspection Mark : GB 5099
10 : Cold Regions Cylinder Code (chrome keysteelmaterial) : JP
11 : Name or Chemical Formula Containing Medium : O2
Penjelasan :
0 : Manufacturing Plant Inspection Mark : TS
1 : Cylinder Factory Code or Trade Mark : TS2210001
2 : Cylinder Number : 13822239
3 : Hydrostatic Test Pressure, M P a : TP250, Test Pressure 250 Mpa (bar?)
4 : Nominal Working Pressure, MP a : WP150, Working Pressure 150 Mpa (bar?)
5 : Measured by Weight, k g : W47.2, Weight 40.2 Kg
6 : Measured Volume, L : V40.2, Volume 40.2 Liter
7 : Bottle Design Wall Thickness, mm : S5.7, Wall thickness 5.7 mm
8 : Year of manufacture, : 2013.07, Year 2013 Month 07
9 : Safety Supervision Department of the supervisory Inspection Mark : GB 5099
10 : Cold Regions Cylinder Code (chrome keysteelmaterial) : JP
11 : Name or Chemical Formula Containing Medium : O2
EmoticonEmoticon